Salah satu naskah koleksi filologika yang terdapat di Balai Pengelolaan Permuseuman Negeri Propinsi Jawa Barat “Sri Baduga” dengan nomor inventarisasi naskah 07.07 yang dalam daftar koleksi Filologika Balai Permuseuman Negeri Propinsi Jawa Barat “Sri Baduga” berjudul Pelajaran Fiqih, yang merupakan naskah tunggal (codex unicus). Setelah dibaca dan ditelaah isinya naskah ini berisi tentang Martabat Tujuh, Doa-Doa, dan Primbon, berdasarkan isi tersebut selanjutnya naskah ini diberi judul Martabat Tujuh, karena sebagian besar isi naskah adalah mengenai ajaran martabat tujuh atau emanasi Tuhan dalam martabat tujuh, yaitu salah satu ajaran tasawuf yang menjelaskan hakikat keberadaan Tuhan. Naskah ini berasal dari Majalengka dan pemiliknya tidak diketahui, tidak ada keterangan lain yang menjelaskan asal-usul naskah sebelum naskah ini disimpan di Balai Pengelolaan Permuseuman Jawa Barat “Sri Baduga”.
Naskah yang berjudul Martabat Tujuh ini diawali dengan beberapa doa istigfar yang dilanjutkan dengan cerita Abdullah dan istrinya, Baginda Ali, serta Nabi Muhammad. Nabi Muhammad memberikan pelajaran hidup dan doa yang dapat menghapuskan segala dosa. Selain doa, penulis juga menambahkan mantra (berupa primbon) dalam bahasa Jawa. Selanjutnya, dari halaman delapan barulah dipaparkan mengenai ajaran martabat tujuh, hakikat mengenai keberadaan Tuhan, melalui bagan yang dikombinasikan dengan simbol-simbol berupa garis, lingkaran, serta teks-teks yang mendukung makna dari simbol-simbol tersebut. Bagan-bagan ini terdapat pada halaman 26 sampai 32, serta halaman 36 sampai 39, pada halaman-halaman tersebut teks naskah berilustrasi berbentuk diagram atau skema. Pada halaman berikutnya dipaparkan penjelasan dari bagan-bagan tersebut, diperkaya dengan doa-doa, bahkan berupa primbon dalam bahasa Jawa. Naskah ini teksnya berbentuk prosa, namun seperti sudah dijelaskan di atas, sebagian teksnya ada yang ditulis dalam bentuk diagram atau skema. Semua tulisan dan bagan ditulis dengan tulisan yang kurang jelas karena terlalu rapat dan hurufnya kecil, dengan menggunakan alat tulis berupa pena yang runcing serta tintanya berwarna hitam. Kalau dilihat dari kerapihan dan kerapatan tulisan, terdapat dua jenis tulisan, yaitu yang satu hurufnya lebih besar, tebal, serta memakai tanda baca, dan kerapatannya tidak terlalu rapat, jarak antarbaris sekitar 1 cm, sedangkan yang satunya lagi hurufnya kecil, tipis, serta tidak memakai tanda baca dengan kerapatan sangat padat, jarak antarbaris sekitar 0,3-0,5 cm. Ada kemungkinan teks naskah ini disalin oleh dua orang penyalin, karena karakteristik huruf yang berbeda, seperti yang dijelaskan di atas.
Keadaan naskah sudah rusak, mulai mengkhawatirkan, beberapa lembar sudah sobek dan tidak dapat dibaca lagi, terutama dihalaman akhir kertasnya sudah tidak utuh lagi. Bahan naskah dari kertas tradisional berupa kertas saeh berwarna putih kekuning-kuningan, sedangkan aksaranya berhuruf pegon (Arab-Sunda atau Jawa) berbahasa Arab dan Jawa Cirebon, sebagian huruf Arabnya gundul, tanpa ada pemarkah. Hampir semua teks berbahasa Jawa Cirebon kecuali bagian berupa doa-doa yang ditulis dalam bahasa Arab, begitu juga pada teks yang dibuat bagan atau skema bahasanya beberapa kata atau istilah digunakan bahasa Arab, sedangkan penjelasannya menggunakan bahasa Jawa Cirebon.
Naskah ini berukuran 13,8 X 18,8 cm dengan ukuran ruang tulisan 12,5 X 17,7 cm, tebal naskah/jumlah halaman 46 halaman. Jumlah baris per halaman antara 5 sampai dengan 22
baris per halaman, halaman awal 5 baris, sedangkan halaman akhir 12 baris. Beberapa halaman yang jumlah barisnya cukup banyak di antaranya, halaman 44 sebanyak 20 baris, halaman 35 sebanyak 22 baris, sementara halaman yang lainnya rata-rata 12-15 baris. Naskah sudah tidak terlihat kurasnya karena sudah sobek dan tidak berjilid lagi. Bahkan beberapa lembar terutama bagian luar sudah hampir lepas dari bagian bukunya. Sementara di bagian pinggir beberapa halaman sobek dan melipat, selain itu ada juga yang bagian tengahnya sobek-sobek dimakan rayap. Hampir dipastikan beberapa tahun lagi naskah ini akan lapuk. Di bagian awal naskah tertulis kolofon yang berbunyi :
“Kang kembara ki ngimpi ti rasul (.....) asta ki beukeul jaga wista nuli nini apu-apu terah Nyimas Anggadita apu-apu terah ratu dipati-pati apu-apu terah sulton anom sewarga apu-apu terah Sultan Imam Mudabih Sultan Komarudin Hariri aja Caribon ingkang rai Sultan Imam Mudabih Sultan Komarudin ingkang jumeuneung iki ingkang jumeuneung iki. Taun 1249 wa Allahu alam” . Ini menjelaskan kepemilikan atau sejarah naskah pada saat naskah ini ditulis atau disalin, yaitu dari keluarga raja Sultan Komarudin Hariri yang merupakan Sultan Cirebon pada tahun 1249.
Ringkasan Isi Naskah “Martabat Tujuh” ini adalah naskah yang berisi tentang ajaran adanya Tuhan yang digambarkan dalam tujuh sifat atau tujuh martabat, yaitu martabat Ahadiyah, martabat Wahdah, martabat Wahidiyah , martabat alam arwah, martabat alam misal, martabat alam ajsam, dan martabat alam insan. Tiga martabat yang pertama, Ahadiyah, Wahdah, dan Wahidiyah disebut juga alam ilahiyah, sedangkan martabat alam arwah, martabat alam misal, martabat alam ajsam, dan martabat alam insan disebut muhdas, yang serba ada atau baharu. Martabat tujuh dalam naskah ini dapat diartikan sebagai hakikat keberadaan Allah yang terkandung dalam semua kekuasaan dengan sifat-sifatnya. Ketujuh martabat ini bisa dijelaskan sebagai berikut :
- Martabat Ahadiyah adalah martabat yang pertama, yaitu wujud sunyi dari segala sifat dan bentuk kaitannya, atau la ta yin (tidak nyata). Dalam naskah ini dijelaskan bahwa martabat Ahadiyah adalah martabat Allah yang berupa zat kodim ajali, masih bersifat belum nyata, semuanya dalam keadaan gaib atau tidak nampak. Martabat ini menjelaskan keberadaan Allah merupakan hakikat dari Muhammad. Martabat ta yin.
- Martabat Wahdah, yaitu awal, hakikat Muhammad yang merupakan pengetahuan Tuhan secara umum, global, atau ijmal. Dalam naskah ini dijelaskan bahwa martabat Wahdah merupakan penjelasan bahwa Allah telah memiliki wujud yang berupa zat dada Muhammad, Allah ada dalam ilmu-Nya, yang diibaratkan dengan dinding kayu.
- Martabat Wahidiyah, yaitu ta yin sani yang merupakan pengetahuan Tuhan yang terperinci atau tafsil tentang zat dan sifat serta segenap yang ada lainnya. Dalam naskah ini dijelaskan bahwa martabat Wahidiyah merupakan kehendak Allah yang berupa zat dan sifat yang terkan dung dalam asma-Nya.
- Martabat Alam Arwah, yaitu alam yang sederhana tidak bersusun dari unsur-unsur dan tidak bersifat materi. Martabat ini merupakan martabat yang menyatakan kekuasaan Allah, kun payakun , untuk menciptakan semua makhluk (manusia) yang diberi pancaindra dohir dan batin berupa pikiran, karya, dan bicara. Alam arwah merupakan alam di mana nyawa belum menerima nasib, nyawa masih merupakan cahaya suci.
- Martabat Alam Misal, yaitu alam yang sudah tersusun dari unsur-unsur yang halus, tetapi tidak akan mengalami cerai-berai, usang, atau rusak. Martabat ini merupakan kehendak Allah untuk mengadakan rupa yang nyata dalam wujud ilmu-Nya yang tersusun namun tidak beraturan dan tidak akan rusak, inilah yang dimaksud dengan cahaya gaib. Alam misal adalah alam segala rupa yang telah diisi dengan nyawa dan mulai menerima nasib.
- Martabat Alam Ajsam, yaitu alam yang tersusun dari unsur-unsur yang kasar dan dapat mengalami perceraiberaian. Martabat ini merupakan kehendak Allah yang diibaratkan susunan yang beraturan seperti bumi dan langit, ketika nyawa selah bertemu dengan pancaindra zahir. Alam Ajsam adalah alam segala tubuh, rupa tubuh sekalian insan, dan rupa kalbu serta rohnya.
- Martabat Alam Insan, yaitu martabat yang menghimpun semua martabat sebelumnya. Dalam naskah ini, martabat ini disebut juga martabat alam insan kamil, yaitu martabat yang menyatakan kehendak dan kekuasaan Allah yang sangat nyata berupa insan (manusia) suci yang diberi nama Muhammad, atau manusia sempurna tempat berkumpulnya keenam martabat sebelumnya yang disatukan dengan pancaindra dohir dan batin. Alam insan adalah alam segala manusia, yakni adanya manusia anak keturunan Adam.
Berdasarkan naskah ini, kata Allah terdiri dari empat huruf dengan martabat-martabat-Nya. Keempat huruf itu adalah sebagai berikut :
- Pertama, huruf alif merupakan hakikat Allah dalam martabat alam arwah.
- Kedua, huruf lam yang merupakan hakikat dari martabat Wahidiyah.
- Ketiga, huruf lam alif merupakan hakikat dari martabat Wahdah.
- Keempat, huruf ha yang merupakan hakikat dari martabat Ahadiyah, yaitu kehendak dan kekuasaan Allah yang mencakup tujuh langit dan tujuh bumi yang merupakan zat Allah semua.
Sementara itu, kata Muhammad juga berasal dari empat huruf yang masing-masing mengandung makna sebagai berikut :
- Pertama, huruf mim (yang pertama) dalam mu-mengandung makna sukma, yaitu ingat akan zat kesempurnaan hidup yang –ham- disebut zat.
- Kedua, huruf ha dalam mengandung makna ingat akan aku yang merupakan kumpulan hidup yang disebut sifat.
- Ketiga, huruf mim (yang kedua) dalam mmad- mengandung makna ingat akan nama jatidiri hidup yang disebut asma.
- Keempat, mmad, huruf dal dalam mengandung arti ingat akan apal nyawa untuk hidup yang disebut. Dalam ilmu tasawuf makhluk yang pertama sekali diciptakan Allah SWT adalah nur Muhammad yang disebut juga hakikat Muhammad atau roh Muhammad, setelah itu barulah diciptakan alam yang lainnya. Konsep nur Muhammad ini ada sehubungan dengan pencapaian manusia pada derajat insan kamil (manusia sempurna), yaitu manusia yang sudah mencapai tingkat tertinggi dari sifat kemanusiaannya atau manusia yang sudah memiliki nur Muhammad. Insan kamil merupakan wahdatul wujud (kesatuan wujud) antara manusia sebagai alkhaliq dengan hakikat Yang Esa atau al-Haqq.
Untuk memperoleh nur Muhammad sebagai pencapaian derajat insan kamil yang merupakan penampakan diri Tuhan ada tiga tingkatan, yaitu :
- Ahadiyah (satuan Tuhan),
- Hawiyah (kediaan Tuhan),
- Aniyah (keakuan Tuhan).
Berdasarkan nama dan sifat-Nya Allah memiliki empat ma'ani sifat, yaitu sifat nafsiyah, sifat salbiyah, sifat, dan sifat manawiyah.
- Sifat nafsiyah adalah sifat yang tetap ada pada Allah (kekal) atau sifat yang berhubungan dengan zat Allah, yaitu wujud (ada).
- Sifat salbiyah adalah sifat yang tidak sesuai atau tidak layak terhadap perkara yang tidak pantas pada Allah, yaitu qidam, baqa, mukhalapah li alhawadisi, qiyamuhu binafsihi, dan wahdaniyat.
- Sifat ma ani adalah sifat yang menetapkan hukum atau sifat yang wajib bagi Allah yang dapat digambarkan oleh pikiran manusia untuk meyakinkan bahwa kebenarannya dapat dibuktikan dengan pancaindra, yaitu sama basar, kalam, qudrat, iradat, ilmu, dan ma nawiyah hayat. Sifat adalah sifat yang tetap pada Allah atau sifat yang berhubungan dengan sifat ma ani , yaitu sami an, basiran, mutakaliman, qadiran, muridan, aliman, dan hayan. Jadi, inilah yang dinamakan dengan Allah sebagai al-Haqq yang patut disembah, yang terkandung dalam makna "La ilaha illa Allah" (tiada Tuhan yang wajib disembah selain Allah).
Jika dikaitkan dengan tujuh martabat pada Allah, nama dan sifat Allah dapat dipaparkan sebagai berikut :
- Martabat Ahadiyah merupakan hakikat Allah yang bersifat hidup, Yang Maha Hidup tergambar dalam badan kita.
- Martabat Wahdah merupakan hakikat Allah yang bersifat ilmu dan aliman, Yang Maha Mengetahui yang tergambar dalam hati kita.
- Martabat Wahidiyah merupakan hakikat Allah yang bersifat iradat dan muri dan, Yang Maha Kersa yang tergambar pada nafsu dan kehendak kita.
- Martabat alam arwah merupakan hakikat Allah yang bersifat qudrat dan qaridan, Yang Maha Kuasa yang tergambar dalam gerak anggota badan kita.
- Martabat alam misal merupakan hakikat Allah yang bersifat sama dan sami'an, Yang Maha Mendengar yang tergambar dalam telinga kita.
- Martabat alam ajsam merupakan hakikat Allah yang bersifat basor dan basiran, Yang Maha Melihat yang tertanam dalam mata kita.
- Martabat alam insan kamil merupakan hakikat Allah yang bersifat kalam dan mutakaliman, Yang Maha Berkata melalui firman-Nya yang tergambar dalam lidah kita.
Ketujuh martabat ini terdapat dalam sifat ma'ani dan sifat ma'nawiyah.
Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa naskah ini selain berisi ajaran martabat tujuh, penulis menambahkan doa-doa yang sering dibaca oleh Rasulullah dan para wali, diantaranya doa yang dibaca oleh Sunan Ampel, Sunan Giri, dan Sunan Kalijaga.
Selain itu, ditulis juga beberapa mantra atau primbon dalam bahasa Jawa, di antaranya, mantra untuk anjala , mantra untuk menaklukkan hati perempuan, mantra ketika mendapatkan kesusahan atau masalah, dan sebagainya. Doa-doa dan mantra-mantra ini, dijelaskan juga cara dan waktu pembacaannya, begitu juga khasiat-khasiatnya. Sepertinya naskah ini memiliki nilai fungsi sosial pada masyarakat pemiliknya sebagai naskah yang dipakai dalam mempelajari ajaran ilmu tasawuf, atau kemungkinan sebagai sarana untuk menyampaikan ajaran ilmu mistik, dan emanasi.
Tuhan Dalam Martabat Tujuh
Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa naskah ini selain berisi ajaran martabat tujuh, penulis menambahkan doa-doa yang sering dibaca oleh Rasulullah dan para wali, diantaranya doa yang dibaca oleh Sunan Ampel, Sunan Giri, dan Sunan Kalijaga.
Selain itu, ditulis juga beberapa mantra atau primbon dalam bahasa Jawa, di antaranya, mantra untuk anjala , mantra untuk menaklukkan hati perempuan, mantra ketika mendapatkan kesusahan atau masalah, dan sebagainya. Doa-doa dan mantra-mantra ini, dijelaskan juga cara dan waktu pembacaannya, begitu juga khasiat-khasiatnya. Sepertinya naskah ini memiliki nilai fungsi sosial pada masyarakat pemiliknya sebagai naskah yang dipakai dalam mempelajari ajaran ilmu tasawuf, atau kemungkinan sebagai sarana untuk menyampaikan ajaran ilmu mistik, dan emanasi.
Tuhan Dalam Martabat Tujuh
Naskah ini menarik untuk dipelajari jika kita ingin mencapai kesempurnaan hidup sebagai makhluk insan kamil, manusia yang sempurna, seperti yang dipelajari oleh para sufi.
Dalam Ensiklopedia Islam, dijelaskan bahwa manusia (sufi) akan dapat mencapai derajat insan kamil dengan melakukan taraqqi (usaha kecil) melalui tiga tahap, yaitu :
DOWNLOAD : https://galuhkiwari.files.wordpress.com/2009/05/martabat-tujuh.pdf
Dalam Ensiklopedia Islam, dijelaskan bahwa manusia (sufi) akan dapat mencapai derajat insan kamil dengan melakukan taraqqi (usaha kecil) melalui tiga tahap, yaitu :
- bidayah (sufi disinari oleh nama-nama Tuhan),
- tawassut (sufi disinari oleh sifat-sifat Tuhan),
- khitam (sufi disinari zat Tuhan sehingga Tuhan bertajali dengannya).
DOWNLOAD : https://galuhkiwari.files.wordpress.com/2009/05/martabat-tujuh.pdf
0 Komentar